Faktor X

“Itulah sebabnya, Yosua mengalahkan Amalek dan rakyatnya dengan mata pedang.”Keluaran 17:13 (AYT)
Penggalan ayat ini sekilas seolah-olah hanya Yosua yang mengalahkan Amalek. Namun dari keseluruhan pasal yang kita baca ternyata ada faktor X yang membuat Yosua memenangkan pertempuran.
Apakah faktor X tersebut? Ternyata ada pribadi-pribadi lain seperti Musa, Harun dan Hur yang berada pada jarak yang cukup jauh dan mereka berperan secara aktif untuk menopang peperangan yang sedang terjadi. Jika kedua tangan Musa terangkat ke atas maka Israel menjadi kuat begitu juga sebaliknya kalau tangan Musa turun musuh yang menjadi kuat.
“Dan terjadilah, apabila Musa mengangkat tangannya, lebih kuatlah Israel, tetapi apabila ia menurunkan tangannya, lebih kuatlah Amalek.Maka penatlah tangan Musa, sebab itu mereka mengambil sebuah batu, diletakkanlah di bawahnya, supaya ia duduk di atasnya; Harun dan Hur menopang kedua belah tangannya, seorang di sisi yang satu, seorang di sisi yang lain, sehingga tangannya tidak bergerak sampai matahari terbenam.” (Keluaran 17:11-12)
Karena pertempuran membutuhkan waktu yang lama dan tangan Musa tidak bisa terangkat terus maka ada Harun dan Hur yang membantu mengangkat tangan tersebut. Namun ada “behind the scene” atau tokoh-tokoh hebat yang ada dibalik kemenangan itu. Semua kisah kehebatan pasti ada kisah orang-orang hebat di belakang layar, entah itu orang tua, keluarga, suami/istri, atau mentor atau siapa saja. Artinya tidak ada peperangan yang dimenangkan oleh orang yang sendirian.
Dalam setiap peperangan kehidupan kita juga membutuhkan ada orang-orang yang dapat menopang kita termasuk para mentor dan sahabat-sahabat yang berdoa untuk kita. Peperangan tidak akan bisa dimenangkan dengan seorang diri. Kemenangan dalam peperangan ditentukan oleh kerjasama tim yang bagus dan kekompakan dalam tim.
Jadi, ambillah sikap untuk memberikan dukungan dan mencari dukungan dalam sebuah tim yang penuh semangat dan gairah untuk melakukan kehendak Tuhan. Kita diberkati oleh orang-orang yang mendukung kita, dan kita juga harus mendukung mereka. Sehingga yang akan naik ke podium juara bukanlah kita sendirian, namun bersama-sama dengan teman-teman satu tim. Dan jangan lupa yang paling menentukan kemenangan itu bukanlah Yosua, Musa, Harun, atau Hur tetapi Tuhan yang memberikan kemenangan. [DH]
Selengkapnya kunjungi AquilaCenter
Questions:
1. Siapakah yang berperan penting dalam setiap kemenangan yang Anda alami ?
2. Sudahkah Anda di dalam tim yang tepat?Jika belum apa yang akan Anda lakukan?
Values:
Ambillah sikap untuk memberikan dukungan dan mencari dukungan dalam sebuah tim yang penuh semangat dan gairah untuk melakukan kehendak Tuhan.
*Kemenangan milik Tuhan dan diberikan kepada orang-orang yang bekerja sama dalam tim.*
See also  Hidup Itu Perjuangan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*