Manajemen Waktu

“Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.”_ Mazmur 90:12
Setiap orang diberi waktu yang sama setiap hari oleh TUHAN. Setiap orang memperoleh kesempatan 24 jam dari TUHAN untuk mereka kelola setiap hari. Ada orang yang dapat mengelola dengan balk waktu yang ia miliki, namun ada pula yang tak dapat mengelolanya dengan. Ada orang yang dapat bersyukur dengan waktu yang ia miliki, namun ada pula yang merasa kekurangan waktu. Bagaimana memiliki manajemen waktu yang benar?
Yang pertama, first thing first. Utamakan yang terutama. Utamakan waktu bersekutu dengan TUHAN. Kunci manajemen waktu adalah mengutamakan yang terutama, yaitu bersekutu dengan TUHAN. Bersekutu dengan TUHAN adalah kunci menjalani kehidupan yang akan kita jalani. Anak-anak TUHAN yang hidup di dalam TUHAN pasti memiliki waktu bersekutu dengan TUHAN setiap hari.
Bersekutu dengan TUHAN bukan sekedar kewajiban namun menjadi kebutuhan hidup yang hakiki. Orang yang tidak bersekutu dengan TUHAN adalah orang yang tidak mengandalkan TUHAN dalam hidupnya. Belajar membuat to do list. Membuat to do list artinya membuat persiapan secara detil dan teliti sebelum bekerja dan beraktifitas. Walau sepertinya membuat to do list itu adalah pekerjaan yang membosankan, namun tanpa membuat to do list kita akan gagal membuat perencanaan yang benar. Belajar taat dan disiplin dengan to do list. Tanpa ketaatan dan kedisiplinan dengan to do list maka to do list hanya menjadi catatan harian saja.
Yang kedua, kelola dan aturlah selebihnya. Setelah bersekutu dengan TUHAN, aturlah waktu lainnya. Kita harus mengelola waktu yang kita miliki dengan sangat bijaksana dan efektif. Setelah bersekutu dengan TUHAN, kita ada waktu untuk keluarga, ada waktu untuk bekerja dan belajar, ada waktu untuk hobi, ada waktu untuk olahraga, dan sebagainya. Semua kegiatan kita itu harus kita kelola dengan bijaksana dan efektif, sehingga perjalanan kehidupan kita setiap hari dapat berlangsung teratur dan rapi. Semakin cerdik kita mengatur waktu maka semakin efektif pula kinerja kita.
Cara kita mengelola waktu yang kita miliki menunjukkan rasa hormat kita kepada TUHAN dan otoritas di atas kita. Kita pun dapat mengelola waktu yang kita miliki dengan kreatif sehingga hari demi hari kita jalani tidak membosankan namun penuh gairah dan semangat. Ingatlah bahwa waktu yang kita jalani tak bisa diputar kembali, jadi kita harus benar-benar mengelola waktu dengan benar dan balk dan tidak menyia-nyiakan waktu yang kita miliki. Sudahkah kita memiliki manajemen waktu yang benar dan baik? [DW]
Question:
1. Apakah ada yang bisa diteladani dari kehidupan anda saat ini?
2. Mengapa kita perlu mengelola waktu yang kita miliki dengan bijaksana dan kreatif?
Values:
Seorang Warga Kerajaan Allah adalah pribadi yang menyadari bahwa cara ia mengelola waktu mencerminkan rasa hormatnya kepada Allah dan otoritas di atasnya.
Kingdom Quote:
_ Bijaksanalah mengatur waktu, jangan mengutamakan yang kurang penting, jangan mau ditipu iblis._
See also  Anomali

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*