Memandang Anak-Anak

Little girl is illness. Napping on mother lap.
“Tetapi, barangsiapa yang menyesatkan salah satu dari anak-anak kecil ini, yang percaya kepadaKu, lebih baik baginya jika sebuah batu kilangan diikatkan pada lehernya, lalu dia ditenggelamkan ke dalam laut.”_ Matius 18:6
Banyak orang tua tidak pernah memandang anak-anaknya. Mereka terlalu fokus pada perintah untuk beranak cucu dan bertambah banyak. Kalau di Indonesia, ada pemikiran bahwa banyak anak banyak rezeki. Karena itu, para orang tua hanya berfokus pada bagaimana mereka ‘memproduksi’ anak tanpa memikirkan bagaimana mereka bertanggung jawab pada anak-anak.
Para sesepuh keluarga juga biasanya hanya mempedulikan garis keturunan. Mereka menyuruh anak-anak mereka menikah lalu memberikan cucu.
Padahal, mereka tak pernah memberikan arahan bagaimana visi dan misi sebuah keluarga dan bagaimana orang tua seharusnya mendidik anak-anak. Mungkin saja, di satu sisi mereka memang mengenalkan Yesus kepada anak-anak. Namun, di sisi lain, mereka tidak menunjukkan keteladanan Kristus.
Misalnya saja, ada orang tua yang masih suka mengintimidasi anak dengan kekuasaannya, berbohong, memanipulasi anak-anak agar mengikuti kehendak mereka, tidak mau mendengar pendapat anak, atau menyakiti hati anak-anak.
Orang tua seperti ini biasanya beranggapan kalau anak-anak hanyalah makhluk hidup yang bisa diatur-atur dan harus menurut, kalau tidak mau, durhaka. Padahal, Tuhan Yesus sendiri pernah mengatakan kalau anak-anak kecil adalah empunya Kerajaan Sorga.
Kewajiban orang tua adalah hadir secara fisik dan emosional, mendidik, merawat, mengasihi, dan mengarahkan anak-anak mereka agar bisa memenuhi panggilan Tuhan yang ditaruh pada mereka.
Mengarahkan anak-anak dan menjadi teladan sangatlah penting. Anak-anak tidak hanya butuh materi. Mereka membutuhkan kasih sayang dan arahan. Jadilah orang tua teladan bagi putra putri Anda dengan mencerminkan karakter Kristus di dalam diri Anda.
Belajarlah terus untuk menjadi seperti diri-Nya, supaya dengan demikian anak-anak akan melihat dan mengenal Kristus dengan baik melalui Anda, orang tuanya. Amin. [PF]
Questions: Values:
1. Bagaimana seharusnya kita memperlakukan anak-anak?
2. Bagaimana cara Anda mendidik anak?
Values:
“Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun dia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu” – Amsal 22:6
Kingdom Quote:
“Kaulah busur dan anak-anakmulah anak panah yang meluncur.” – Kahlil Gibran
See also  Allah Hoax

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*