Belajar dari Amnon dan Yonadab

Amnon mempunyai seorang sahabat bernama Yonadab, anak Simea kakak Daud. Yonadab itu seorang yang sangat cerdik”  2 Samuel 13:3
Persahabatan adalah berkat yang diberikan dan dipercayakan TUHAN kepada manusia. Kisah persahabatan manusia yang tercatat di Alkitab pertama kali adalah persahabatan Adam dan Hawa.
Persahabatan dapat membangun dan dapat pula menghancurkan. Berhati-hatilah dengan siapa Anda bergaul, sebab dengan siapa Anda bergaul demikianlah Anda. Mari kita belajar dari persahabatan Amnon dan Yonadab.
*Yang pertama, berhati-hatilah dengan hatimu (be careful with your heart) – 2 Sam 13:1-2. Apa yang Anda lihat dapat memengaruhi hati Anda. Mari kita belajar menjaga penglihatan kita dengan sungguh-sungguh.
Amnon terpesona dengan kecantikan Tamar yang merupakan adik dari Absalom. Kita telah tahu bahwa Absalom adalah pria yang sangat tampan. Jadi tak kaget bila Tamar (memiliki arti Pohon Palem dalam Bahasa Ibrani), adik Absalom memiliki kecantikan yang tiada taranya. Amnon terpesona dengan kecantikan Tamar sehingga Amnon jatuh cinta kepada Tamar.
Apa yang ada di hati Anda dapat memengaruhi kehidupan Anda. Amnon mengalami sakit karena jatuh cinta yang terlalu dalam kepada Tamar. Amnon ingin tidur bersama Tamar, namun Amnon menyadari bahwa itu tak mungkin terjadi karena Tamar belum menikah dan tidak boleh bergaul dengan laki-laki, perhatikan 2 Sam 13:2 versi BIMK. Mari kita berhati-hati dengan mata dan hati kita. Mata dan hati kita dapat mengarahkan kita kepada kebenaran atau kesalahan, kebaikan atau kejahatan.
Yang kedua, berhati-hatilah dengan persahabatanmu – 2 Sam 13:3-7. Mari kita perhatikan arti nama dari Amnon dan Yonadab. Amnon memiliki arti setiawan sedang Yonadab memiliki arti TUHAN itu Pemurah. Sebenarnya nama mereka bagus adanya. Amnon bersahabat dengan Yonadab. Yonadab itu sangat cerdik/licik – 2 Sam 13:3.
Dalam Bahasa Ibrani kata sangat cerdik ditulis ‫(דאמ םכ‬ chakham meod = sangat cerdik). Kata sangat cerdik ini dalam terjemahan ESV ditulis sebagai very crafty/sangat licik karena Yonadab selain cerdik ia sekaligus licik.
Nasihat Yonadab menyesatkan – 2 Sam 13:5. Nasihat Yonadab yang licik kepada Amnon membuat Amnon semakin terperosok masuk ke rencana jahat berikutnya. Amnon melakukan nasehat Yonadab – 2 Sam 13:6. Amnon yang telah dikuasai nafsu jahat menuruti nasehat Yonadab. Amnon berlaku jahat kepada Tamar – 2 Sam 13:11-15. Amnon melakukan segala cara agar nafsu jahatnya terlampiaskan.
Setelah Amnon melakukan hal yang jahat kepada Tamar, maka ia mencampakkan Tamar, hal ini bahkan lebih jahat lagi bagi Tamar dan aturan kerajaan Israel serta etika kehidupan pada waktu itu. Kejahatan Amnon dimulai dari kegagalannya menjaga kekudusan matanya dan hatinya. Amnon juga salah memilih sahabat dan penasihat dalam kehidupannya.
Kehidupan Amnon bukan semakin baik setelah mendengarkan dan melakukan nasihat dari Yonadab. Kejahatan Amnon menyebabkan kemarahan Absalom kepadanya, dan pada akhirnya Amnon juga dibunuh oleh Absalom. Oleh sebab itu mari kita semua menjaga mata dan hati kita serta tidak salah memilih sahabat. [DW]
Questions:
1. Bagaimana cara anda menjaga mata dan hati Anda?
2. Mengapa kita harus memilih sahabat dan penasihat yang benar dan baik?
Values:
Seorang Warga Kerajaan Allah adalah pribadi yang mau menjaga mata dan hatinya dengan sungguh-sungguh.
Kingdom Quote:
Sahabat yang benar akan memberi nasihat yang benar dan baik kepada sahabatnya.

See also  Ramadhan Berbagi KBRI Den Haag dan Masjid Al Hikmah: “Alhamdullilah ada perhatian dari Bapak Duta Besar”

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Website Protected by Spam Master