Hargai Hal Kecil

“Memang biji itu yang paling kecil dari segala jenis benih, tetapi, apabila sudah mulai tumbuh, sesawi itu lebih besar daripada sayuran yang lain. bahkan menjadi pohon, sehingga burung-burung di udara datang bersarang pada sarang-sarangnya.” Matius 13:32
Kita sering melewatkan hal-hal kecil dan fokus ke hal besar dan spektakuler. Padahal, Kerajaan Sorga pun diibaratkan sebagai biji sesawi, biji yang paling kecil dari segala sayuran. Kita juga sering minder dengan diri kita, masa lalu kita, dan segala hal yang kita miliki. Kita jadi menginginkan hal yang bukan milik kita dan mengabaikan apa yang sudah ada di depan kita.
Tuhan telah berfirman, dari perkara kecil ke perkara besar. Bertekun dalam hal kecil sangat penting. Tidak mengabaikan hal kecil saat kita sudah dipercayakan hal besar juga penting. Menghargai hal-hal kecil dalam hidup kita akan membuat kita mudah bersyukur. Berkat sekecil apapun itu, yang kelihatan, yang tidak kelihatan, yang disadari, yang tidak disadari, itu adalah berkat. Napas kita, kesehatan kita, kehidupan kita, semua adalah berkat Tuhan.
Marilah tetap bersyukur dan bertekun dalam hal-hal kecil. Demikian juga, sebaiknya kita menghargai hal-hal kecil yang dilakukan orang lain untuk kita. Sekecil apapun itu. Pegawai yang membersihkan WC, Asisten Rumah Tangga yang membantu mempersiapkan makanan di rumah, anak yang berusaha membantu meski tidak sempurna, teman yang mendoakan kita, mendengarkan curhat kita, semua itu adalah berkat. Mari bersyukur kepada Tuhan dan berterima kasih kepada orang lain, meski itu hanya sebentuk ucapan: “Thanks, ya.”
Ketika biji sesawi dibiarkan saja, dia akan tetap kecil. Tetapi ketika dia diberikan kesempatan untuk hidup dan berkembang, maka akan menjadi besar, menjadi tempat bersarang bagi burung-burung. Begitu pun kehidupan kita saat ini, hal positif sekecil apapun, ketika kita memberi nilai, menghidupinya, mengembangkan dengan karakter kita, hal kecil tersebut akan berdampak besar bagi lingkungan kita. Anda percaya? [PF]
Questions:
1. Mengapa kita harus menghargai hal-hal kecil?
2. Sudahkah Anda berterimakasih terhadap orang sekitar Anda yang sudah membantu Anda?
Values:
Hargailah hal-hal kecil yang kita dapatkan dan punyai, karena itu berkat Tuhan.
Kingdom quote:
Small thing does matter (Anonim)

See also  Yang Disukai Tuhan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Website Protected by Spam Master