Contra Ratua

“Orang yang tak dapat mengendalikan diri adalah seperti kota yang roboh temboknya.” Amsal 25:28
Dunia pernah mencatat ada seorang anak muda menjadi juara tinju dunia kelas berat yaitu Mike Tyson yang diberi julukan si leher beton, karena memiliki struktur yang besar dan kokoh seolah menyatu dengan bagian kepala sehingga rasanya akan berfungsi sangat kuat menopang kepala saat alami pukulan. Selain itu Mike Tyson dikenal memiliki catatan seringkali memukul knock out lawan-lawannya karena kombinasi dan kecepatan pukulannya yang didorong bukan hanya karena kekuatan tangan, melainkan karena daya dorong seluruh badan.
Namun belum lama menjadi juara dunia dan baru beberapa kali mempertahankan gelar juara, sang leher beton ini telah terjerat perkara kriminal yaitu tindak kekerasan/penganiayaan terhadap “kekasihnya” seorang “Miss Black Amerika“, yang mengakibatkan sang juara ini harus dipenjara selama 3 tahun dan otomatis kehilangan gelar. Walau sempat “comeback” dan juara beberapa saat, namun perjalanan sang anak muda kuat ini terus terpuruk, masuk keluar penjara. Penyebab ini semua adalah akibat ketidakmampuan mengontrol diri, emosi.
Tokoh ternama dunia, Nelson Mandela, mengungkapkan bahwa, tanpa kemampuan mengontrol diri, maka kekuatan kita justru bisa menjadi kelemahan kita. Firman Tuhan yang kita baca hari ini menunjukkan bahwa kegagalan seseorang bukanlah terjadi karena kurang bertalenta, kurang pandai, melainkan disebabkan karena gagalnya seseorang mengontrol diri. Pertanyaannya adalah, hal-hal apa yang perlu kita kontrol atau kendalikan?
Kata kontrol sebenarnya diambil dari bahasa latin yaitu Contra Ratua yang bermakna sebuah kemampuan untuk mengendalikan atau melawan dorongan yang bersifat natural, atau alamiah. Apakah dorongan alamiah dalam diri kita? Ada banyak dorongan alamiah yang berasal dari diri kita, di antaranya adalah mengantuk, lapar.
Kondisi mengantuk dan lapar memang sebuah dorongan yang bersifat alamiah, namun tidak berarti saat dorongan itu muncul harus dipenuhi saat itu juga. Sebagai contoh, ketika seseorang merasa mengantuk saat mengemudi, tentunya sang driver tidak bisa langung menutup mata langsung tidur, karena bisa mengakibatkan kecelakaan. Siswa yang merasa lapar saat di sekolah perlu menahan diri untuk makan menunggu waktu istirahat.
Apakah bentuk dorongan alamiah yang lain? Emosi marah, sedih adalah hal alami tetapi tidak berarti bisa diluapkan sebebas-bebasnya. Beberapa contoh lain misalnya: dorongan seksualitas, juga merupakan dorongan yang bersifat alamiah ada pada manusia. Tetapi haruslah dilakukan dengan penuh rasa hormat, dan dalam ikatan pernikahan. Hal ini tidak mungkin kita lakukan sendiri, kiranya kasih karunia-Nya akan memampukan kita. Amin. [HA]
Question:
1. Bagaimana Anda mengontrol emosi Anda?
2. Pernahkah Anda lepas kontrol terhadap emosi Anda? Apa yang terjadi dan bagaimana Anda berespon?
Values:
Contra Ratua bermakna sebuah kemampuan untuk mengendalikan atau melawan dorongan yang bersifat natural, atau alamiah.
Kingdom Quote:
Kedewasaan seseorang ditentukan oleh cara berespon diri terhadap tekanan lingkungan yang ada di sekitarnya
See also  Jangan Salah Memilih Hikmat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*