Jangan Salah Memilih Hikmat

Amsal 9:10 : “Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian.”
Sadarkah anda kalau setiap harinya kita harus menentukan banyak sekali pilihan? Beberapa artikel menyebutkan bahwa dalam 1 hari kita membuat pilihan sebanyak 35.000 kali. Wow..jumlah yang sangat banyak sekali ya? Apa benar kita membuat keputusan sebanyak itu dalam waktu 1 hari?
Kalau kita mau coba teliti, mulai dari bangun tidur, kita sudah dihadapkan dengan pilihan untuk mematikan alarm, lanjut tidur lagi atau segera bangun? Setelah bangun tidur, kita memilih untuk berdoa dulu atau langsung cek hp, baca koran, dan lain-lain? Tentunya jangan lupa untuk berdoa dulu ya.. mengucap syukur dulu buat berkat Tuhan sehingga kita bisa beristirahat, dan juga buat hari yang baru yang akan kita jalani.
Ketika kita cek hp, mau cek sosmed dulu, atau email, atau wa, atau gosip terbaru, berita yang lagi viral, atau yang lainnya? Lalu kita juga harus memilih untuk berangkat kerja/sekolah atau ijin (bolos)? Kalau memilih untuk berangkat, pake mandi dulu atau tidak? Sikat gigi dulu atau tidak? Sarapan dulu atau tidak? Dan masih banyak pilihan-pilihan lain yang harus kita buat di sepanjang hari dalam kita beraktivitas, dari kita bangun tidur sampai kita kembali tidur lagi. Dan setiap pilihan yang kita ambil akan menentukan akan jadi seperti apa hari itu kita jalani.
Kalau kita memilih untuk lanjut tidur lagi, mungkin kita akan terlambat kerja/sekolah, kalau memilih tidak mandi dan gosok gigi, bakal kasihan orang-orang yang berdekatan dan berinteraksi dengan kita. Kalau memilih tidak sarapan, mungkin kita akan cepat merasa lapar dan jadi sulit konsentrasi dalam bekerja/sekolah.
Berarti setiap pilihan yang kita ambil pasti ada konsekuensinya. Dan karena kita diciptakan untuk hidup berdampingan dengan orang lain, maka mungkin bukan hanya kita yang akan menanggung konsekuensi tersebut, bisa juga akan berdampak kepada keluarga kita, teman kita, atau orang lain.
Jadi pilihan-pilihan yang kita ambil juga menentukan kita akan menjadi berkat atau beban bagi orang lain. Oleh karena itu kita butuh hikmat dan pimpinan Tuhan agar kita bisa menentukan pilihan-pilihan dengan bijak sehingga hidup kita bisa memberkati orang lain di sekeliling kita. Amin [VL]
Selengkapnya kunjungi AquilaCenter
Values:
1. Bagaimana keputusan-keputusan Anda hari-hari ini? Apakah berdampak baik bagi Anda?
2. Bagaimana supaya keputusan kita bisa selaras dengan kehendak Tuhan?
Values:
Pilihan-pilihan yang kita ambil menentukan kita akan menjadi berkat atau beban bagi orang lain. Oleh karena itu kita butuh hikmat dan pimpinan Tuhan.
Hari ini akan menjadi hari yang indah atau hari yang berantakan, semua tergantung dari pilihan-pilihan yang kita buat. Buatlah pilihan-pilihan dengan bijak!
See also  Bersyukur atau Bersungut

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*