Semua Ditambahkan Kepadamu

“Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.” Matius 6:33
Hampir setiap kita sangat percaya kepada janji Firman Tuhan dan berharap janji Firman Tuhan akan tergenapi di dalam kehidupan kita. Namun di dalam menafsirkan janji Firman Tuhan yang tertulis di Alkitab sering kali terlalu berlebihan, ini bisa terjadi jika kita membaca Firman Tuhan hanya sepotong ayat tanpa melihat konteksnya, yaitu tidak menghubungkan dengan ayat sebelum dan sesudahnya.
Sebagai contoh perkataan Firman Tuhan di dalam ayat bacaan, kata, _”maka SEMUANYA akan ditambahkan kepadamu”_ sering diartikan segala apapun yang kita inginkan akan ditambahkan atau diberikan sebagai bonus kepada kita jika kita mencari Kerajaan Allah dan kebenarannya, — yaitu percaya kepada Tuhan dan melakukan perintahNya.
Apakah ini benar? Apa sebenarnya arti “SEMUANYA” di dalam janji Firman tersebut? Sejauh mana arti kata SEMUANYA? Apa ada batasan dari kata SEMUANYA? Untuk mengerti arti kata SEMUANYA kita harus membaca ayat sebelumnya. _”Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai? Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu.”_ (Matius 6:31-32)
Berdasarkan ayat ini kita bisa mempelajari bahwa arti kata SEMUANYA adalah kebutuhan pokok yang sangat mendasar yaitu makanan, minuman dan pakaian, atau sandang dan pangan, bukan SEMUANYA menurut asumsi kita. Untuk kebutuhan pokok yang paling dasar ini SEMUANYA akan ditambahkan Tuhan kepada kita yang mencari Kerajaan Allah dan kebenarannya. Bagaimana dengan kebutuhan lain? Rumah, kendaraan, handphone, sekolah, tamasya dan lain-lain, yang juga menjadi kebutuhan kita tentu saja dengan Kemahakuasaan Tuhan, Ia dapat menyediakan bagi kita.
Namun saya percaya, Ia memilih supaya kita yang harus bertanggung jawab dengan cara bekerja dan berusaha. Bukan hanya berharap “mujizat” untuk semuanya itu turun dari langit tanpa kita berusaha dan bekerja. Karena sebenarnya bumi dan segala isinya ini sudah dimandatkan kepada kita sebagai keturunan Adam untuk dibudidayakan dan dikembangkan untuk memenuhi semua kebutuhan kehidupan yang layak. Anda mengerti? [DD].
Questions:
1. Berdasarkan konteks yang benar apa arti kata “semuanya” ditambahkan kepadamu?
2. Mengapa arti “semuanya” bukan segala sesuatu yang kita butuhkan?
Values:
Sang Raja akan mencukupi kebutuhan dasar warga Kerajaan, dan kebutuhan yang lain namun diperlukan kerja sama dan tanggung jawab dari warga Kerajaan.
Kingdom Quote:
Bumi dan segala isinya diciptakan Tuhan dan dimandatkan kepada umat manusia untuk di usahakan, untuk memenuhi kebutuhan kehidupan, sandang, pangan dan papan.
See also  Baik Saja Tidak Cukup

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*