Develop

“Dan Yesus makin bertambah besar dan bertambah hikmat-Nya dan besar-Nya, dan makin dikasihi oleh Allah dan manusia.”  Lukas 2:52
Shalom dan apa kabar kekasih TUHAN. Tanpa terasa kita sudah memasuki bulan Juni 2021. Tema renungan bulan Juni 2021 adalah develop. Kata develop yang merupakan kata kerja dalam Merriam Webster Dictionary memiliki arti: 1) to work out the possibilities (untuk mengetahui kemungkinan); 2) to make active or promote the growth of (untuk membuat aktif atau mendorong pertumbuhan). Dalam arti sederhana kata develop memiliki arti melakukan segala daya upaya yang terbaik dengan tujuan mengembangkan suatu tujuan. Jika kita memiliki tujuan berkembang, maka kita memerlukan komitmen, strategi dan tindakan nyata. Dalam develop kita belajar beberapa hal.
Yang pertama, komitmen. Jika kita mau mengembangkan suatu tujuan, komitmen merupakan hal yang sangat penting. Komitmen diawali dengan kemauan yang kuat. Tanpa kemauan yang kuat, maka komitmen tak akan pernah terjadi. Memang kendala yang seringkali dihadapi dalam berkomitmen adalah masalah kemampuan.
Sekalipun kemampuan sangat dibutuhkan dalam menjalankan komitmen, namun kemauan yang kuat adalah hal yang terpenting dalam menjalankan komitmen. Ada banyak orang yang memiliki kemampuan untuk maju dan berkembang namun sayangnya tak memiliki kemauan yang kuat untuk maju dan berkembang, ini merupakan masalah. Sekalipun seseorang memiliki kemampuan yang terbatas namun jika ia memiliki kemauan yang kuat dan mau berkomitmen maka kendala apapun yang nnenghadang akan ia hadapi dan selesaikan.
Yang kedua, strategi. Saat kita memiliki tujuan untuk berkembang maka kita pun akan mulai menghadapi halangan dan rintangan. Tentu saja kita membutuhkan hikmat TUHAN dan strategi yang tepat untuk dapat menghadapi dan menyelesaikan setiap halangan dan rintangan. Jangan panik dalam menghadapi penghalang pertumbuhan dan perkembangan kita, cari TUHAN dengan sungguh-sungguh maka kita akan mendapatkan hikmat TUHAN. Dengan hikmat TUHAN kita dapat membuat dan mengatur strategi dalam mengembangkan tujuan kehidupan kita.
Yang ketiga, tindakan terukur. Apakah kita dapat maju dan mengembangkan tujuan kita apabila kita hanya memiliki komitmen dan strategi? Masih ada satu hal yang harus kita lakukan agar kita dapat maju dan berkembang, yaitu tindakan yang terukur.
Komitmen dan strategi harus diwujudkan dengan tindakan yang terukur agar kita dapat maju dan mengembangkan tujuan kita. Tindakan yang terukur adalah hasil dari komitmen dan strategi yang matang. Dalam mengembangkan suatu tujuan yang jelas sangat membutuhkan komitmen, strategi dan tindakan yang terukur. Apakah anda sudah melakukan tiga hal ini untuk mengembangkan tujuan anda? [DW]
Questions:
1. Bagaimana cara kita maju dan mengembangkan tujuan?
2. Mengapa kita harus memiliki komitmen, strategi dan tindakan terukur untuk maju dan berkembang?
Values:
Seorang warga Kerajaan Allah adalah pribadi yang menyadari tanpa komitmen, strategi dan tindakan terukur, ia tak akan dapat maju dan mengembangkan tujuan hidupnya.
Kingdom Quote:
_Setiap orang bertanggung jawab untuk mengembangkan tujuan hidupnya.
See also  Integritas Ilahi Vs Integritas Duniawi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*