Growing Zone (Area Pertumbuhan)

“Tetapi baiklah tingkat pengertian yang telah kita capai kita lanjutkan menurut jalan yang telah kita tempuh.” Filipi 3:16
Sejak awal pandemik Covid 19 terjadi, maka kita diperlihatkan kepada berbagai respon orang dalam menyikapi situasi ini. Ada sekelompok orang yang merasa Covid 19 ini tidak ada, dan ini hanyalah sebuah cerita hiperbola.
Sebagian lagi ada yang merasa ini adalah teori konspirasi artinya ini adalah sebuah rangkaian skenario yang sengaja didesain untuk sebuah dominasi kekuasaan beberapa negara, atau ini adalah rekayasa bisnis dan ada juga yang menganggap ini sebagai tragedi kemanusiaan yang disebabkan oleh aspek kesehatan.
Tentunya berbagai pilihan keyakinan ini akan menentukan respon seseorang dalam menghadapi kondisi ini. Ada yang begitu “parno“ sehingga menjadi begitu ketakutan, stres, ada yang tidak percaya sehingga mengabaikan apapun instruksi protokol kesehatan, ada yang berespon secara wajar dan mengikuti segala protokol kesehatan dan berbagai usaha pemulihannya. Perbedaan ini tak jarang juga mengakibatkan potensi konflik dan pertengkaran.
Firman Tuhan yang kita baca sedang menggambarkan situasi kehidupan yang berada di jemaat Filipi. Ada banyak perbedaan respon yang disebabkan oleh berbagai perbedaan pandangan tentang Kristus, atau pemahaman praktek hidup kekristenan.
Situasi ini berakibat rentannya konflik, perpecahan,ketidak sehatian. Itu sebabnya Paulus menasehatkan jemaat untuk sehati, sepikir, dan tidak mementingkan kepentingan sendiri (Filipi 2:2-4), dan terus fokus melangkah menggenapi panggilan surgawi (Filipi 3:14).
Jadi apakah yang harus kita lakukan? Firman Tuhan menggambarkan untuk kita terus melangkah ke level pengertian selanjutnya. Di level manakah kita sekarang? Ada level area respon kehidupan kita. Level pertama adala level reaktif. Pada area ini, orang akan menganggap dirinya sebagai korban saat hadapi masalah, menyalahkan orang lain, situasi dan Tuhan.
Level kedua adalah level realistis, pada area ini orang menerima kenyataan, tetapi bersikap pasrah bahkan cenderung serba kuatir. Level area ketiga adalah level belajar, pada area ini orang akan mulai memberi makna baru terhadap kondisi yang dialami, dan dengan makna baru ini mereka jadi dapat bangkit dari persoalan yang dialami.
Level area ke empat adalah area pertumbuhan (growing). Pada area ini mereka melihat problem adalah sebuah kesempatan untuk tetap menjadi berkat bagi banyak orang, misalnya paska covid menjadi pendonor darah konvalesen, atau berkontribusi mendukung penderita covid dengan dukungan makanan, vitamin, dan sebagainya.
Jadi jika masih berada di level satu, dua dan tiga mari putuskan untuk melangkah ke level area selanjutnya. Anda mengerti? [HA]
Question:
1. Bagaimana keadaan Anda saat masa pandemi seperti sekarang ini?
2. Bagaimana Anda tetap bisa berbuah bagi Kerajaan- Nya di masa pandemi ini? Saksikan.
Values:
Seorang warga Kerajaan seharusnya mampu memaknai sebuah masalah menjadi jalan untuk pekabaran Kerajaan-Nya.
Kingdom Quote:
Menaikkan level kualitas respon kita akan menentukan kekuatan kita menghadapi masalah.
See also  Prioritas Hari Ini

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*