Hormati Tuhan

Murka TUHAN bangkit terhadap Uza. Dia membunuh Uza karena dia mengedangkan tangannya menahan tabut itu. Uza mati di sana, di hadapan Allah. 1 Tawarikh 13:10, 14 (AYT)
Di pasal ini kita melihat kisah pemindahan tabut Tuhan yang sebelumnya dirampas oleh orang Filistin tetapi karena tabut itu menyebabkan kekacauan dan malapetaka di tempat orang Filistin maka mereka menaruhnya di rumah Abinadab yang kemungkinan besar adalah orang Lewi.
Ketika Daud bermaksud memindahkan tabut itu ke Yerusalem maka tabut itu diperlakukan dengan cara yang salah. Seharusnya dipikul oleh orang Lewi tetapi ini diangkut oleh kereta. Semua orang terlibat dalam proses yang salah termasuk Daud, akibatnya anak Abinadab, Uza, secara tidak sengaja memegang tabut itu karena tergelincir dari kereta. Maksud dan tujuannya benar namun caranya salah dan ini menyebabkan penghukuman bagi Uza.
Peristiwa ini membuat keinginan Daud terhenti lalu menitipkan Tabut Allah ke Obed Edom. Ia memutuskan menerima Tabut Allah yang selama ini didengarnya sangat menakutkan. Bagaimana penduduk kota Asdod ditekan oleh Allah ketika Tabut itu ada di sana. Dan bagaimana risiko yang besar serta pasti merepotkan untulk mengurus Tabut itu. Dan kejadian terakhir adalah cerita tentang kematian Uza. Walau begitu, dia tetap menerima Tabut Allah itu masuk ke dalam rumahnya. Dia pelajari sungguh-sungguh bagaimana cara menghormati Allah yang dilambangkan dengan Tabut itu.
Dia belajar dari kesalahan Uza yang sembrono ketika ada di dekat Tuhan. Dia belajar bagaimana kemenangan selalu hadir saat bangsa Israel membawa tabut itu dalam peperangan. Dan Alkitab mencatat, hanya dalam waktu 3 bulan, dia dan seisi rumahnya diberkati Tuhan. Keluarganya menjadi buah bibir banyak orang hingga kabar itu sampai ke telinga Daud. Anak- anak dari pria itu pun sangat diberkati dan menjadi orang penting. Kedudukannya sendiri juga diangkat. Hidupnya diubah total karena dia berhasil menghadirkan Tuhan untuk dirinya dan seisi rumahnya.
Belajarlah dari pengalaman ini. Menghargai Tuhan adalah sikap yang harus diajarkan kepada setiap keluarga kepada anak-anaknya. Dunia penuh dengan olokan kepada Tuhan dan kekudusannya. Jangan pernah ikut terlibat di dalam olokan tersebut. Tanamkan rasa hormat dan cinta kepada Tuhan kepada anak-anak supaya jangan penghukuman kelak menimpa mereka. [DH]
Question:
1. Mengapa kita perlu mengajarkan anak-anak kita dengan menghormati Tuhan?
2. Apakah dampak ketika kita mengajarkan hormat kepada Tuhan?
Values:
Hidup yang berkemenangan diawali dengan pemahaman akan penghormatan kepada Tuhan sebagai hal yang utama.
Kingdom Quote:
Hormati Tuhan dan rasakanlah dampak dalam kehidupanmu.
See also  Peran Ayah sebagai Imam, Nabi dan Raja

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*