Kelebihan Kembalian

“Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup.”_ 1 Yohanes 2:6
Sebuah cerita menarik tentang kejujuran pernah saya baca dari sebuah forum diskusi. Beberapa tahun yang lalu seorang pendeta muda ditugaskan ke London, lnggris. Sebagai sarana transportasi, pendeta itu memilih naik bus kota. Hari itu ketika ia duduk di dalam bus, ia menyadari bahwa sopir bus ternyata telah memberinya kembalian yang lebih 20 sen.
Pendeta muda itu mempertimbangkan apa yang akan dilakukannya. Dia berpikir, “Aku harus mengembalikan 20 sen ini. Adalah salah untuk menyimpannya.” Tapi kemudian dia berpikir lagi, “Ah, sudahlah, ini hanya 20 sen. Siapa juga yang akan peduli dengan uang kecil ini? Pengemudinya pasti tidak memperhatikan” Ketika bus tiba di tempat di mana dia harus turun, pendeta muda itu berhenti sejenak di depan pintu.
Dia menyerahkan uang 20 sen itu kepada sopir, “Ini, kembalianmu tadi kelebihan”. Sopir bus tersenyum dan berkata, “Bukankah Anda gembala jemaat yang baru di area ini? Beberapa hari ini aku telah berpikir untuk datang beribadah di gereja Anda. Aku hanya ingin melihat apa yang akan Anda lakukan, jika aku memberikan kembalian lebih”
Pendeta muda itu turun dari bus dengan lutut gemetar. Dia berdiri bersandar sesaat di tiang lampu terdekat, “Oh TUHAN, aku hampir saja menjual kekristenan dengan harga 20 sen!” (sumber cerita: anonim)
Kita mungkin tidak akan pernah mengetahui apa pengaruh tindakan kita terhadap orang lain. Terkadang, kitalah satu-satunya orang Kristen yang mereka temui, atau satu-satunya cerminan Kristus yang pernah mereka lihat. Jika kita salah dalam bertindak dan tidak mencerminkan gaya hidup Kerajaan Sorga, maka dengan sangat mudah mereka akan mencela Kerajaan Sorga yang semestinya terpancar dari kehidupan kita.
Oleh sebab itu, mari senantiasa lakukan gaya hidup Kerajaan Sorga, sehingga mereka mengerti teladan sang Raja lewat kehidupan kita. Salah satu ciri warga Kerajaan Sorga adalah kejujuran mengenal pengelolaan uang, bahkan dalam hal sederhana sekalipun, yang berkaitan dengan uang sangat kecil, hanya 20 sen. Namun lewat integritas yang kita tunjukkan, orang akan melihat kehidupan Kristus terpancar lewat setiap perilaku kita. Biarkan mereka membaca Yesus Kristus dari hidup kita. Biarkan mereka membaca tentang cinta-Nya dan tentang anugerah-Nya. Bagaimana dengan Anda? [JB]
Questions:
1. Menurut Anda dengan cara apakah orang bisa melihat keberadaan Kristus delam kehidupan kita?
2. Apa maksud dari pernyataan bahwa “orang percaya merupakan surat Kristus yang terbuka?”
Values:
Sebagai orang Kristen, orang lain di sekitar kita semestinya melihat kita sebagai warga Kerajaan Sorga, yang tentu memiliki perilaku sorgawi.
Kingdom Quote:
Lewat integritas yang kita tunjukkan, orang lain akan melihat kehidupan Kristus terpancar di dalam setiap perilaku kita.
See also  Halal

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*