Merdeka Dalam Kristus

Tanggal 17 Agustus kita selalu memperingati hari kemerdekaan Indonesia. Ditahun 2022 ini kita memperingati kemerdekaan Indonesia yang ke 77 tahun, perjuangan dan pengorbanan para pahlawan telah membebaskan kita dari penjajahan. Sebelumnya apa itu makna merdeka? Dalam KBBI, merdeka dimaknai sebagai bebas dari perhambaan, penjajahan. Sedangkan dalam KBBI juga, kemerdekaan dimaknai sebagai keadaan (hal) berdiri sendiri (bebas, lepas, tidak terjajah lagi).

Tidak hanya merdeka secara jasmani, tetapi kita juga merdeka secara rohani, kita telah dimerdekakan oleh Kristus dengan penebusan diatas kayu salib, darahNya membebaskan kita dari belenggu dosa (Galatia 5:1).

Tapi, apakah kita sudah benar benar merdeka dalam Kristus atau hanya mengaku ngaku saja? Bagi Rasul Paulus umat Kristen adalah umat yang sudah dimerdekakan oleh Tuhan dan itu benar, tetapi meskipun demikian masih banyak orang Kristen merasa hidupnya lebih nyaman dengan kehidupan lama. Apa yang Alkitab katakan mengenai hal itu? Dalam kitab Galatia menyebutkan Galatia 5:13 (IMB)  Sebab kamu, saudara-saudara, telah dipanggil untuk merdeka. Dan jangan gunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk menuruti kedagingan, sebaliknya layanilah seorang dengan yang lain dalam kasih.

See also  Ratu atau Selir?

Jika kita sudah dimerdekakan oleh Tuhan, janganlah sia siakan kemerdekaan yang telah Tuhan beri, tapi kita kerjakan dan beritakan kemerdekaan itu. Jadilah terang, jadilah berdampak yang baik bagi orang sekitar kita, supaya mereka bisa melihat bahwa Tuhan Yesus telah memerdekakan kita dari dosa dan dari kehidupan lama kita.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


Website Protected by Spam Master