Pelatihan Kehidupan

“Dari Daud. Terpujilah TUHAN, gunung batuku, yang mengajar tanganku untuk bertempur, dan jari-jariku untuk berperang.” – Mzm 144:1
Respon seseorang dalam menghadapi setiap proses dalam kehidupannya akan menentukan akan menjadi apa akhir kehidupan orang tersebut. Raja Daud adalah sebuah contoh yang baik bagaimana ia mengambil respon yang benar dalam hidupnya. Ketika masalah dan tekanan hidup dialaminya, ia menganggap hal itu sebagai sarana yang TUHAN pakai untuk melatih dan mengajarnya menghadapi peperangan dalam kehidupannya.
Daud muda tidak memiliki latar belakang militer dibandingkan dengan kakak-kakaknya yang merupakan seorang prajurit terlatih dan siap menghadapi peperangan. Daud muda adalah seorang gembala kambing domba yang hanya dua tiga ekor (1 Sam 17:28). Artinya tidak banyak kambing domba yang ia gembalakan, namun ia berani mempertaruhkan nyawanya dengan menghadapi singa dan beruang demi melepaskan seekor domba yang diterkam oleh singa atau beruang tersebut.
Diawali dengan kesetiaannya terhadap perkara yang kecil dan kepercayaannya kepada TUHAN dalam menghadapi setiap proses kehidupan maka ALLAH sendiri yang telah melatih Daud muda serta mempersiapkan menjadi seorang panglima perang yang gagah perkasa dan menjadi raja atas bangsa Israel.
Promosi dan pembalikam keadaan dialami oleh Daud ketika ia berhasil mengalahkan Goliat pada saat Saul dan prajurit terlatih lainnya justru takut menghadapinya. Kemenangan Daud atas Goliat diperoleh karena imannya kepada ALLAH yang telah diuji dan dibuktikan dalam hidupnya. Melalui proses hidup yang dianggap Daud sebagai didikan TUHAN untuk menghadapi peperangan yang sesungguhnya, Daud berhasil membuktikan bahwa dengan mengandalkan pelatihan dan kekuatan ALLAH kita pasti akan menang.
Sudah satu tahun lebih kita menghadapi pandemi Covid-19, tentunya sudah banyak hal yang telah kita pelajari jika kita menganggap ini sebagai Corona Academy dan tentunya sudah begitu banyak pertolongan TUHAN yang kita alami dalam hidup kita. Mungkin sebelum pandemi kita seperti Daud, tidak dianggap dan hanya dipercaya dengan perkara-perkara kecil dan kita bertahan untuk tetap mengerjakannya.
Melalui pandemi TUHAN mempromosikan dan mempercayakan kepada kita hal-hal yang lebih besar. Atau jika saat ini kita masih berjuang bertahan menghadapi dampak pandemi, percayalah bahwa TUHAN masih melatih hidup kita untuk menghadapi peperangan yang sesungguhnya, sebab ALLAH adalah batu karang yang kokoh, kubu pertahanan, perisai dan penyelamat bagi orang yang berlindung kepada-NYA. Bersyukurlah dan tetaplah mengandalkan TUHAN dalam setiap aspek hidup kita. Amen. [RSN]
Questions:
1. Bagaimana TUHAN melatih kita melalui proses yang kita hadapi?
2. Pelajaran apa yang sudah kita selesaikan dalam Corona Academy?
Values:
ALLAH adalah batu karang yang kokoh, kubu pertahanan, perisai dan penyelamat bagi orang yang berlindung pada-NYA.
Para pejuang yang mengandalkan kekuatan dan pelatihan ALLAH pasti akan menang menghadapi setiap peperangan dalam hidupnya
See also  Bertekun dengan Sehati

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*