Pengharapan yang Benar

“Sebab itu kamu harus bertekun dalam iman, tetap teguh dan tidak bergoncang, dan jangan mau digeser dari pengharapan Injil, yang telah kamu dengar dan yang telah dikabarkan di seluruh alam di bawah langit, dan yang aku ini, Paulus, telah menjadi pelayannya.”_ Kolose 1:23
Apa yang menjadi pengharapan anda? Pengharapan itu sangat penting. Tanpa pengharapan yang benar seseorang dapat menjadi kecewa dan putus asa. Mengapa anda berharap? Pengharapan adalah daya dorong seseorang untuk melangkah menjalani kehidupannya. Oleh sebab itu jangan sampai kita berpengharapan yang salah. Pengharapan yang salah akan mengakibatkan kita salah melangkah. Ada dua hal penting dalam pengharapan yang benar.
Yang pertama, alasan berharap. Kita membutuhkan dukungan dan kekuatan serta motivasi dalam menjalani kehidupan kita. Seringkali kita.memiliki pengharapan yang salah. Kita sering berpengharapan kepada orang yang lebih kuat. Kita sering berpengharapan kepada orang yang dapat kita andalkan. Kekuatan dan kemampuan manusia itu terbatas. Sering kita tidak menyadari bahwa kekuatan dan kemampuan manusia itu terbatas sehingga kita terus mencoba mengandalkan manusia yang terbatas itu. Saat kita mulai menyadari bahwa kemampuan dan kekuatan orang yang kita andalkan itu terbatas maka kita mulai kecewa. Tentu suatu hari kita akan kecewa saat kita mengandalkan manusia.
Siapakah yang menjadi pengharapan anda saat ini? Jika anda masih terus berpengharapan kepada manusia, maka suatu hari anda akan kecewa. Namun ada berita baiknya. Saat kita sedang kecewa dan mulai sadar bahwa ada kekuatan yang tak terbatas, maka kita mulai mencari-carinya. Ketahuilah bahwa hanya di dalam TUHAN kita akan memperoleh segala sesuatu yang terbaik untuk diri kita dan keluarga serta komunitas kita. kekuatan, kemampuan dan hikmat TUHAN tidak pernah terbatas. Mulai sekarang tetaplah berpengharapan di dalam TUHAN.
Yang kedua, pengharapan yang benar. Pengharapan kepada manusia akan sangat mengecewakan karena kekuatan dan kemampuan manusia sangat terbatas. Namun pengharapan yang benar hanya ada di dalam TUHAN yang sanggup memberikan hikmat dan solusi serta kekuatan bagi kita. Dalam segala keadaan TUHAN selalu siap sedia memberikan segala yang terbaik bagi kita. Namun seringkali kita tidak sabar dengan jalan dan cara TUHAN bekerja.
Oleh sebab itu mari kita bertekun di dalam iman. Iman dan pengharapan itu saling terkait. Ibarat sebuah rumah, maka iman adalah pondasi yang tak terlihat, namun pengharapan adalah pilar penyangga rumah yang terlihat dengan jelas. Jadi iman seseorang dapat terlihat dengan jelas lewat pengharapan yang ia miliki. Oleh sebab itu tetaplah teguh di dalam TUHAN dan jangan goyah dalam segala keadaan sebab TUHAN adalah Kekuatan dan Pertolongan kita. Jangan mau digeser dari pengharapan lnjil yang telah kita dengar. Amin [DW]
Question:
1. Apakah anda mau sungguh-sungguh memiliki pengharapan yang benar?
2. Mengapa kita harus bertekun di dalam iman?
Values:
Seorang warga Kerajaan Allah adalah pribadi yang mau tetap teguh dan tidak goyah mempertahankan imannya.
Kingdom Quote:
_Tetaplah miliki pengharapan yang benar di dalam TUHAN.
See also  Hidup Itu Perjuangan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*