Pergi untuk Kembali

“Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun keatas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”_ Kisah Para Rasul 1:8
Apakah Anda ingat akan refrain sebuah lagu “Selamat tinggal kasih sampai kita jumpa lagi, Aku pergi takkan lama. Hanya sekejap saja aku kan kembali lagi, asalkan engkau tetap menanti”? Lagu tersebut berjudul “Pergi Untuk Kembali” yang ditulis oleh Minggus Tahitu dan dipopulerkan oleh Broery Marantika. Lagu itu menceritakan perpisahan sepasang kekasih, namun sang pria berjanji untuk kembali lagi setelah ia pergi.
Bacaan hari ini mencatat bahwa sebelum Yesus pergi (naik ke sorga), la berjanji akan mengutus Roh Kudus turun ke atas para murid sehingga mereka memiliki kuasa untuk menjadi saksi-Nya, mulai dari Yerusalem hingga ke seluruh Yudea dan Samaria, bahkan sampai ke ujung bumi. Setelah Yesus naik ke sorga dengan disaksikan murid-murid-Nya, tiba-tiba berdirilah dua orang berpakaian putih (perwujudan dari malaikat) yang mengingatkan bahwa Yesus yang terangkat ke sorga akan datang kembali. Kedua orang itu menjelaskan bahwa Yesus akan datang dengan cara yang sama dengan cara-Nya naik ke sorga, yaitu penuh kemuliaan dan dapat dilihat secara konkret.
Yesus kembali ke rumah Bapa dan dari sana la akan melanjutkan pelayanan-Nya di bumi melalui rasul-rasul-Nya serta saksi-saksi yang lain. Peristiwa Kenaikan Yesus memiliki makna khusus yang berkaitan dengan kedatangan-Nya yang kedua kali, karena Kenaikan Yesus merupakan konfirmasi dan jaminan pasti dari kedatangan-Nya yang kedua kali, suatu hari nanti. Seorang ahli Alkitab berkata bahwa Kenaikan Kristus merupakan akhir karya Kristus di bumi, sekaligus permulaan sejarah gereja yang berlangsung hingga Kristus datang kembali.
Saat ini orang Kristen hidup dalam penantian akan kedatangan Tuhan Yesus kembali. Kita tidak tahu kapan waktunya, tetapi satu hal yang pasti, Allah melalui Roh Kudus telah memercayakan kuasa kepada kita. Mari kita gunakan kuasa itu untuk bersaksi dan membuat dunia tercengang-cengang melihat kuasa Allah yang dahsyat bekerja. Ingat orang Kristen dan gereja punya tugas mulia memberitakan Injil agar manusia berdosa dibebaskan dari belenggu dosa untuk dapat menyembah Allah sebagai Raja. Sudahkah Anda memberi diri dipenuhi oleh Roh Kudus sehingga kuasa-Nya memampukan Anda menjadi saksi-Nya di mana pun Anda berada? [AU]
Question:
1. Apakah Anda yakin akan perkataan Tuhan walau Anda tidak melihat wujud-Nya?
2. Apakah makna dari kenaikan Tuhan Yesus bagi murid-murid-Nya dan bagi kita?
Values:
Kenaikan Tuhan Yesus ke sorga seharusnya memberi semangat setiap warga Kerajaan untuk memberitakan Kabar Keselamatan ke seluruh dunia.
Kingdom Quote:
Tidak ada seorang pun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia. (Yohanes 3:13)
See also  Dalam Yesus Ada Kepastian

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*