Prioritas Hari Ini

“Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.”  Matius 6:33
Tuhan berfirman agar manusia tidak mengkhawatirkan hari esok dan kesusahan sehari cukuplah untuk sehari. Firman ini sangat berdasar karena banyak orang jadi melupakan prioritas hari ini demi apa yang akan terjadi esok hari. “_Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum?Apakah yang akan kami pakai?Semua itu dicari bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah. Akan tetapi Bapamu yang di sorga tahu, bahwa kamu memerlukan semuanya itu_” (Matius 6:31-32).
Banyak cerita yang masuk ke telinga saya dari teman-teman saya perihal bagaimana kehidupan keluarganya dahulu yang sangat mengirit demi terkumpulnya harta benda, yang konon akan dipakai kelak di masa tua. Bukan maksud supaya kita lalu foya-foya saja tidak investasi untuk masa depan, tetapi ini tentang bagaimana kita harus bijak dalam mengatur keuangan kita. Tentunya tidak baik bukan jika mengorbankan kesehatan kita saat ini hanya fokus memikirkan ‘dana’ masa tua? Misalkan saja, hampir setiap harinya menu harian di rumah adalah mie instan demi bisa menyisihkan lebih banyak uang ditabung untuk masa tua. Yang terjadi, saat tua kelak malah sakit-sakitan karena makanan hari ini yang kita konsumsi tidak cukup nutrisi yang balk bagi tubuh kita.
Tuhan Yesus bahkan dengan jelas menegor kita yang mudah khawatir akan kehidupan di masa depan, Dia berkata: “_Sebab itu janganlah kamu kuatirakan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari_” (Matius 6:34). Tuhan mau bilang kalau setiap harinya akan ada tantangan (kesusahan) tersendiri, oleh sebab itu kita harus membiasakannya. Maksudnya adalah supaya kita tidak perlu fokus dengan setiap kesusahan yang mampir di kehidupan kita. Tetaplah fokus kepada Kerajaan-Nya.
Dunia menganggap harta warisan sangat berharga. Tuhan menekankan berkali-kali kalau hidup lebih berharga dari harta benda. Karena itu, hargailah hidup Anda hari ini dan selalu mengandalkan Tuhan. Tuhan tidak akan pernah meninggalkan kita. Jangan khawatirkan kehidupan Anda hari ini maupun ke depannya kelak, teruslah layani Tuhan dan menyembah-Nya setiap waktu. Dia akan menyertai kita semua yang dengan sungguh-sungguh mencari Kerajaan-Nya. Amin. [PF]
Question:
1. Apakah prioritas kita dalam hidup?
2. Mengapa kita butuh prioritas dalam hidup?
Values:
Prioritaskan kerajaan Allah, bukan kekhawatiran dunia.
Kingdom Quote:
Hidup tanpa kekhawatiran itu indah.
See also  Perlunya Keadaan Tidak Nyaman

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*