Pujilah Tuhan

“Pujilah TUHAN, hai segala bangsa; megahkanlah Dia, hai segala suku bangsa! Sebab, kebaikan-Nya besar kepada kita, dan kesetiaan TUHAN selama-lamanya. Haleluya!”_ (AYT – Mazmur 117:1-2).
Mazmur adalah kitab yang mengajarkan kita bagaimana cara kita memuji dan menyembah Allah kita. Kita dapat belajar banyak hal dari pemazmur yang selalu merindukan untuk memberikan pujian kepada Tuhan. Mazmur 117 ini pasal yang terpendek dari seluruh mazmur namun mengungkapkan kedalaman di dalam pujian kepada Tuhan.
Ayat 1 pemazmur memberikan perintah kepada umat untuk memuji Tuhan bahkan itu diperintahkan kepada segala bangsa juga untuk memegahkan Dia dan kepada segala suku bangsa. Lalu di ayat 2 di berikan alasan kenapa bangsa dan suku bangsa wajib memuji dan memegahkan Tuhan yaitu sebab kebaikannya besar dan kesetiaan Tuhan selama-lamanya.
Kalau kita baca kitab mazmur ini maka kita harus paham bahwa pemazmur menuliskan mazmurnya dalam zaman Perjanjian Lama yang belum memahami akan karya penebusan Anak Allah. Posisinya jelas berbeda dengan posisi kita yang hidup di zaman sekarang.
Namun meskipun demikian pemazmur mengalami kelimpahan akan kebaikan Tuhan. Bukankah kita jauh lebih memahami dan lebih mengerti akan kebaikan Tuhan karena kita sadar bahwa puncak kebaikan Tuhan dinyatakan ketika AnakNya berkorban dan mati di kayu salib buat manusia.

Jadi bagaimana seharusnya kita membaca kitab Mazmur ini termasuk di pasal 117 ini? Bacalah dalam bingkai kebenaran dalam konteks Perjanjian Baru. Jadi puji dan sembahlah Allah kita karena alasan yang

hebat

yaitu Yesus Kristus yang mengasihi kita dan telah berkorban untuk kita. Tidak ada motivasi kehidupan yang lebih kuat daripada ingatan dan merenungkan akan kebaikan Tuhan di kayu salib. Meskipun pemazmur belum melihat akan pernyataan Yesus Kristus namun kebaikan Allah telah ia rasakan dan ia hidupi.

See also  Bersinergi Bagi Bangsa
Kiranya kebaikan Allah kita di dalam Yesus Kristus senantiasa menguatkan dan memotivasi kita untuk memuji dan menyembah Dia dalam berbagai situasi yang kita hadapi. [DH]
Questions:
1. Berikanlah alasan penting mengapa kita harus memuji Tuhan.
2. Mengapa kita harus tetap memuji Tuhan bahkan dalam keadaan kita yang kurang baik?
Values:
Pujian adalah gaya hidup warga Kerajaan Allah.
Kingdom Quote:
Pujian adalah kekuatan orang benar.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*