Terbang Tinggi Bagai Rajawali

“Tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.”_ Yesaya 40:31
Banyak ahli yang menjuluki burung rajawali sebagai _”the king of birds”_, atau hewan penguasa langit, karena kemampuan fisiknya yang di atas rata-rata burung pada umumnya. Selain kemampuan daya jelajah terbangnya ia juga memiliki penglihatan yang tajam yang dapat mendeteksi mangsanya secara akurat dari ketinggian yang sangat tinggi.
Dengan sayap-sayap yang merentang cukup panjang, rajawali memiliki kestabilan aerodinamika yang sangat sempurna saat melayang-layang di udara, sehingga ia tidak perlu kelelahan mengepak-ngepakan sayapnya ketika sedang melintasi langit dalam kondisi apapun, bahkan saat melewati badai.
Berbagai kelebihan fisiknya tersebut membuat ia sangat peka namun tetap tenang dalam berbagai situasi, sehingga tidak jarang banyak perusahaan bahkan organisasi yang menggunakan _image_ rajawali sebagai logo _brand_ produk atau lambang organisasi mereka. Alkitab pun memakai rajawali dalam menggambarkan banyak hal. Alkitab mencatat: rajawali menggambarkan hubungan kita dengan Tuhan (Mazmur 103:5).
Demikian pula Keluaran 19:4 yang berbunyi: _”Kamu sendiri telah melihat apa yg Kulakukan kepada orang Mesir, dan bagaimana Aku telah mendukung kamu di atas sayap rajawali dan membawa kamu kepada-Ku.”_ Tuhan menunjukkan kepada kita bahwa sekalipun ada masalah di depan kita, Ia akan selalu mendukung dan menolong kita melewatinya.
Pergumulan hidup boleh ada dan pasti selalu ada, tetapi ingatlah bahwa sayap rajawali yaitu Tuhan Yesus itu sendiri juga selalu ada dan siap mendukung kita melewati badai. Selain itu burung rajawali sering dipakai Alkitab untuk menggambarkan karakter warga Kerajaan Allah yang sejati, misalnya: dalam ayat bacaan kita di Yesaya 40:31 tergambar jelas karakter pribadi yang siap menghadapi tantangan hidup, bagaikan rajawali yang melihat badai bukan sebagai halangan tapi sebagai kesempatan untuk terbang naik lebih tinggi lagi.
Siapapun kita saat ini, entah sebagai pemimpin di rumah tangga ataupun di pekerjaan, bahkan pemimpin di pelayanan, kita pasti sering menghadapi tantangan. Jika kita memiliki karakter seperti rajawali yang siap menghadapi tantangan maka kita pasti lebih siap menjalani kehidupan ini dibandingkan orang lain yang hanya hidup dalam zona nyamannya raja.
Selain itu burung rajawali yang mampu memandang jauh ke depan juga menggambarkan karakter pribadi yang visioner, yakni memandang ke depan kepada visi kehidupannya dengan penuh semangat dan optimis. Ketika kita menghadapi masalah dan diperhadapkan kepada pilihan-pilihan yang harus diambil, maka kita dapat memutuskan pilihan yang tepat sesuai dengan visi hidup kita.
Jadilah seperti rajawali, dan terbanglah tinggi menghadapi masalah Anda, menuju kepada visi panggilan sejati kita dalam Kristus. Amin! [YMH]
Question:
1. Apa yang membuat burung rajawali disebut sebagai _”the king of birds”_?
2. Sebagai warga Kerajaan Allah, nilai-nilai apa yang dapat kita pelajari dari kehidupan burung rajawali?
Values:
Warga Kerajaan Allah yang sejati adalah pribadi yang siap menghadapi tantangan hidup dan mampu memandang jauh ke depan, bagaikan rajawali yang terbang tinggi.
Kingdom Quote:
No matter how hard the situation is, always believe that something beautiful is going to happen!
See also  Pengharapan Eskatologis

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*