Bertanggung Jawab

“Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia, engkau telah setia memikul tanggung jawab dalam perkara yang kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar.”_ Matius 25:23
Pada masanya, West Coast dikenal sebagai perusahaan pembuat mesin ketik yang menguasai sebagian besar pasar nasional. Namun dengan pengoperasian komputer dimana-mana, penjualan mesin ketik perlahan-lahan menurun.
Di saat itulah sang pemilik perusahaan, Jeremy Q. Lyons mengalami masa-masa terburuk dalam hidupnya. Ketika ia melepaskan tanggung jawabnya untuk berpikir dan mencari cara menyelesaikan tantangan yang dihadapi oleh perusahaannya, dan hanya memilih menyalahkan situasi yang terjadi. Ia terus menyalahkan penemuan komputer dan mengakibatkan perusahaannya jatuh bangkrut. Lyons yang dikenal tidak mudah menerima perubahan, bersikeras untuk terus memproduksi mesin ketik. Namun penjualan terus merosot hingga perusahaan tersebut akhirnya bangkrut.
Ratusan karyawan kehilangan pekerjaan, termasuk Lyons sebagai pimpinan tertinggi yang kemudian melarikan masalahnya pada alkohol. Istrinya terpaksa pergi bersama anak mereka dan meninggalkannya dalam keadaan mabuk berat. Ia sendiri akhirnya menjadi seorang gelandangan dan terpaksa tinggal sementara di tempat penampungan misi. Syukurlah jika kemudian ada seorang yang berempati dan selalu mendorongnya untuk bangkit kembali Ia dapat menerima dan menyadari segala kekeliruannya. Selang beberapa waktu, Jeremy Q. Lyons kembali bekerja dengan tekun. Akhirnya ia justru sukses sebagai pemilik dari beberapa toko komputer dengan penghasilan miliaran rupiah.
Ketika menghindar dan lari dari sebuah tanggung jawab, mungkin kita merasa seperti sedang melepaskan diri dari sebuah beban. Namun kenyataannya tidaklah demikian. Semakin kita melarikan diri, semakin kita kehilangan tujuan dan makna hidup.
Semangat kita merosot, merasa tidak berarti dan akhirnya menjadi seorang pecundang. Justru mereka yang melarikan diri dengan tidak mau menghadapi tanggung jawabnya, pasti tidak akan mengalami terobosan dalam hidup. Sebab tanggung jawab adalah bukti kedewasaan, dan mereka yang tidak dewasa tidak akan dipercaya untuk mendapatkan hal yang lebih besar dari yang sebelumnya ia pernah dapatkan.
Seorang yang bertanggung jawab adalah seorang yang berhenti menyalahkan situasi, berani membuang semua alasan yang tidak berguna, belajar membenahi jika ada kesalahan yang sudah dibuat, dan membiasakan diri melakukan kewajiban dengan kemampuan yangterbaik.
Renungan hari ini mengingatkan kita agar tidak lari dari tanggung jawab apa pun yang diberikan Allah kepada kita, termasuk tanggung jawab dalam keluarga, pekerjaan, maupun pelayanan. Amin. [JB]
Questions:
1. Menurut Anda manakah yang lebih baik, lari meninggalkan masalah atau lari menyelesaikan masalah? Mengapa demikian?
2. Setujukah Anda bahwa bertanggung jawab adalah tanda kedewasaan? Jelaskan pendapat Anda.
Values:
Bertanggung jawab berarti berhenti menyalahkan situasi, berani membuang alasan tidak berguna, membenahi kesalahan yang sudah dibuat, dan melakukan kewajiban dengan kemampuan terbaik
Kingdom Quote:
Tanggung jawab adalah bukti kedewasaan, dan mereka yang tidak dewasa tidak akan dipercaya untuk mendapatkan hal yang lebih besar.

See also  Tanggung Jawab Tersembunyi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*