Gaya Hidup Umat Tuhan

“Dan segala sesuatu yang kamu lakukan dengan perkataan atau perbuatan, lakukanlah semuanya itu dalam nama Tuhan Yesus, sambil mengucap syukur oleh Dia kepada Allah, Bapa kita” Kolose 3:17
Setiap orang memiliki kehidupan yang berbeda. Setiap orang juga memiliki gaya hidup berbeda. Kita adalah umat TUHAN. Sebagai umat TUHAN kita sebenarnya adalah Warga Kerajaan Allah yang memiliki gaya hidup yang istimewa. Sebagai umat TUHAN, kita memiliki gaya hidup yang berbeda dengan kebanyakan orang.
Standar gaya hidup umat TUHAN adalah Firman TUHAN. Sebagai umat TUHAN hendaknya kita berkomitmen untuk menjalani kehidupan dengan standar Firman TUHAN. Maukah anda melakukan gaya hidup umat TUHAN sesuai dengan standar Firman TUHAN?
Mari kita belajar menjalani gaya hidup umat TUHAN yang berkomitmen melakukan Firman TUHAN.
Yang pertama, siapa umat TUHAN? – Kol 3:12a. Sesungguhnya umat TUHAN adalah pilihan TUHAN yang dikuduskanNYA dan dikasihiNYA. Sadari bahwa umat TUHAN itu istimewa. Apakah kita sadar bahwa diri kita ini sebenarnya unik, khusus dan istimewa di hadapan TUHAN?
Ingatlah bahwa umat TUHAN adalah biji mata TUHAN. Jika kita hidup benar maka TUHAN pasti membela kita seperti menjaga biji mataNYA sendiri. Oleh sebab itu pertahankan hidup kita untuk berjalan dalam kebenaran bersama dengan SANG KEBENARAN. Oleh sebab itu jangan menyalahgunakan kesempatan dan kepercayaan yang diberikan oleh TUHAN kepada kita.
Semakin kita sadar siapa diri kita di hadapan TUHAN, maka kita akan semakin mempertanggungjawabkan setiap kesempatan dan kepercayaan yang telah diberikan TUHAN kepada kita. Apakah kita sudah menyadari siapa diri kita di hadapan TUHAN?
Yang kedua, gaya hidup umat TUHAN – Kol 3:12b-17. Umat TUHAN memiliki kehidupan dan gaya hidup yang berbeda dengan kebanyakan orang. Gaya hidup umat TUHAN merupakan magnet bagi orang-orang di sekitarnya. Mengapa demikian? Karena gaya hidup umat TUHAN selalu bertentangan dengan gaya hidup kebanyakan orang yang mementingkan dirinya sendiri.
Jadi, sekalipun anda mengaku sebagai umat TUHAN, namun jika gaya hidup anda sama seperti orang dunia, maka sebenarnya anda tidak layak disebut sebagai umat TUHAN.
Gaya hidup umat TUHAN menghasilkan buah yang matang, banyak dan dapat dinikmati banyak orang. Mari kita perhatikan beberapa gaya hidup umat TUHAN yang layak kita teladani dari Kol 3, yaitu: belas kasihan, kemurahan, kerendahan hati, kelemahlembutan, kesabaran, penuh pengampunan, kasih, damai sejahtera, penuh syukur, penuh Firman, bekerja dan melayani yang terbaik.
Tentu saja masih ada banyak kebenaran gaya hidup umat TUHAN yang bisa kita pelajari dari Firman TUHAN. Sudahkah anda memiliki gaya hidup umat TUHAN? Maukah anda mempertahankan gaya hidup umat TUHAN? [DW]
Questions:
1. Apakah anda sadar bahwa anda adalah umat TUHAN?
2. Mengapa kita harus memiliki gaya hidup yang benar sebagai umat TUHAN?
Values:
Seorang Warga Kerajaan Allah adalah pribadi yang memiliki gaya hidup Kerajaan Allah.
Gaya hidup umat TUHAN sangat berbeda dengan gaya hidup kebanyakan orang di dunia.
See also  Ngono Yo Ngono Ning Ojo Ngono

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*