Merdeka Dalam Kristus

“yang memberi hidup telah memerdekakan kamu dalam Kristus dari hukum dosa dan hukum maut.” Roma 8:2
Hari ini bangsa Indonesia telah merayakan kebebasannya dari penjajahan, dan tanggal 17 Agustus 2021 adalah hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76, namun apakah benar kehidupan berbangsa ini benar-benar sudah merdeka dalam arti yang sebenarnya. Arti merdeka adalah bebas dan lepas dari sesuatu yang menekan ataupun dari sesuatu yang mengikat kita.
Secara rohani, benarkah kita sudah merdeka dari belenggu iblis? Tanpa kita sadari, kita masih menuruti keinginan iblis dan terus dijajah oleh dosa. Tetapi ketika Tuhan telah menebus dosa kita dan saat kita menerima Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat pribadi, maka Tuhan telah memberi kita kemerdekaan serta melepaskan kita dari segala kutuk dosa, dari segala ikatan yang membelenggu kita, dan dari hukum maut.
Karena itu, saat ini dan seterusnya, kita jangan mau terus jatuh dalam dosa. Ingatlah bahwa kita ini adalah orang yang merdeka. Orang merdeka bukanlah orang yang kalah, sehingga kita harus selalu bangkit dan hidup sebagai pemenang. Tuhan ingin agar kita selalu hidup di dalamnya. Kemerdekaan yang Allah berikan bukan setengah-setengah, melainkan kemerdekaan yang sempurna.
Lalu bagaimana gaya hidup orang yang merdeka di dalam Tuhan? Yang pertama, hiduplah selalu dalam pimpinan Roh Tuhan. Dalam Roma 8:13-14 dikatakan bahwa kita ini adalah orang yang berhutang tetapi bukan dalam kedagingan, melainkan dalam Roh.
Orang yang hidup dipimpin dalam Roh, berarti akan meninggalkan segala hawa nafsunya yang tidak berkenan pada Tuhan. Kekasih Tuhan, kita harus dapat menjaga kemerdekaan yang telah diberikan oleh Tuhan dengan tidak hidup sembarangan.
Yang kedua, kita harus terus berjuang melawan tipu muslihat iblis, sehingga kita tidak akan jatuh lagi ke dalam dosa. Iblis tidak senang saat kita hidup dalam kemerdekaan. Efesus 6:12 mengatakan sebab perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, melainkan melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap. Berjalanlah bersama Tuhan yang akan memimpin kita dalam kemenangan.
Galatia 5:13, “_Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih_.” Kekasih Tuhan, jangan pernah menyalahgunakan kemerdekaan yang telah diberikan Tuhan kepada kita. Amin. [AU]
Question:
1. Menurut Anda, bagaimana kemerdekaan yang diberikan oleh Allah?
2. Mengapa kita sebagai orang percaya masih sering dikalahkan oleh dosa? Apa alasan Anda?
Values:
Setiap warga Kerajaan seharusnya hidupnya tidak lagi dibelenggu dosa karena Tuhan sudah memerdekakannya.
Kingdom Quote:
Kemerdekaan sejati hanya terdapat di dalam Kristus!
See also  Jangan Berlambat-Lambat

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*