Strong

Woman hands praying for blessing from god on sunset background
”Berjaga-jagalah! Berdirilah dengan teguh dalam iman! Bersikaplah sebagai laki-laki! Dan tetap kuat!”  1 Korintus 16:13
Praise GOD. Waktu berjalan dengan cepat dan kita sudah memasuki bulan Juli 2021. Tema renungan bulan Juni 2021 adalah strong. Kata strong yang merupakan kata sifat dalam Merriam Webster Dictionary memiliki arti: 1) having or marked by great physical power (memiliki atau ditandai dengan kekuatan fisik yang besar); 2) having moral or intellectual power (memiliki kekuatan moral atau intelektual); 3) having great resources as wealth or talent  (memiliki sumber daya yang besar sebagai kekayaan atau bakat).
Dalam arti sederhana kata strong memiliki arti mempunyai kekuatan fisik, moral dan intelektual serta sumber daya yang besar. TUHAN sudah memberikan kepada kita kekuatan yang istimewa kepada kita masing-masing. TUHAN mau kita memaksimalkan dan tidak menyalahgunakan setiap kekuatan yang diberikan dan dipercayakan kepada kita. Dalam strong kita dapat belajar beberapa hal.
Yang pertama, sumber kekuatan kita adalah dari TUHAN. Setiap orang memiliki kekuatan istimewa yang berbeda antara satu dengan lainnya. Sumber kekuatan ada 3, yaitu dari TUHAN, iblis dan diri sendiri. Yer 17:5 berkata, ‘Beginilah firman TUHAN: “Terkutuklah orang yang mengandalkan manusia, yang mengandalkan kekuatannya sendiri, dan yang hatinya menjauh dari pada TUHAN!’
Dari hal ini kita semakin sadar bahwa TUHAN tak mau kita mengandalkan manusia dan kekuatan sendiri. TUHAN juga benci orang yang mengandalkan iblis, sebab iblis adalah musuh TUHAN. Yer 17:7 berkata, ‘Diberkatilah orang yang mengandalkan TUHAN, yang menaruh harapannya pada TUHAN!’ Sadarilah bahwa TUHAN mau kita benar-benar mengandalkan TUHAN sebagi sumber kekuatan kita. TUHAN mau kita percaya dan berharap kepada TUHAN. Kita akan mudah kecewa dan pahit hati jika kita berpengharapan kepada manusia. Mari mulai tetapkan hati untuk selalu mengandalkan kekuatan TUHAN setiap hari.
Yang kedua, maksimalkan kekuatan kita. Apa maksud dari memaksimalkan kekuatan kita? Arti memaksimalkan kekuatan kita di sini adalah memaksimalkan kekuatan istimewa yang telah diberikan dan dipercayakan kepada kita. Jadi bukan memaksimalkan dari kekuatan pribadi kita. TUHAN mau kita memaksimalkan kekuatan kita untuk membangun Kerajaan ALLAH.
Yang ketiga, jangan menyalahgunakan kekuatan kita. Kekuatan yang kita miliki bukan untuk disalahgunakan. Kekuatan yang kita miliki hendaknya dipergunakan untuk menolong orang lain menemukan tujuan hidup mereka. Sesungguhnya TUHAN sangat memperhatikan sikap hati kita saat kita menolong orang lain. Kekuatan yang kita miliki bukan untuk memperdayakan orang lain namun untuk memberdayakan orang lain. [DW]
Question:
1. Siapakah sumber kekuatan kita?
2. Bagaimana cara memaksimalkan kekuatan kita?
Values:
Seorang Warga Kerajaan Allah adalah pribadi yang mau maju dan mengembangkan tujuan hidupnya.
Kingdom Quote:
Kekuatan sejati yang kita miliki berasal dari TUHAN
See also  Saat Teduh

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*