Tuhan Sumber Kemenangan

Daud menempatkan pasukan-pasukan pendudukannya di Aram-Damsyik. Orang-orang Aram itu menjadi hamba Daud dan wajib memberikan upeti kepadanya. TUHAN memberikan kemenangan kepada Daud ke mana pun dia pergi…. Dia menempatkan pasukan-pasukan pendudukan di Edom sehingga semua orang Edom menjadi hamba Daud. TUHAN memberi kemenangan kepada Daud ke mana pun dia pergi” 1 Tawarikh 18:6, 13 (AYT)
Kalau kita membaca pasal ini maka 2 kali disebutkan bahwa Tuhan memberikan kepada Daud kemanapun dia pergi. Pertanyaannya adalah mengapa disebutkan kalimat ini bahkan sampai 2 kali?
Dalam gaya penulisan bahasa Ibrani maka pengulangan itu menunjukkan penekanan yang penting. Jika dikatakan bahwa Tuhan memberikan kemenangan kepada Daud kemanapun dia pergi sampai dua kali maka itu berarti bahwa dibalik kemenangan Daud ada Tuhan yang bekerja. Ada alasannya! Tentu saja, karena Daud adalah pilihan Tuhan dan ia adalah orang yang berkenan kepada Allah. Dan juga Allah telah mengikatkan diri-Nya pada perjanjian yang kekal dengan Dia bahwa keturunan-Nya yaitu Kristus akan duduk di tahta-Nya selamanya.
Amsal 21:31 berkata, “_Kuda diperlengkapi untuk hari peperangan, tetapi kemenangan ada di tangan TUHAN_.” Tangan yang diurapi diberkati serta dipimpin Tuhan akan menghasilkan kemenangan. Jangan bergantung kepada kecakapan, pengalaman diri sendiri atau orang lain karena suatu saat semuanya itu tidak akan bisa menolong.
Bahkan uang yang selama ini menjadi andalan banyak orang menjadi tidak berdaya bahkan menghadapi virus kecil yang bernama Covid-19. Kalaupun orang yang mengandalkan duit mampu membeli rumah sakit, namun toh banyak yang tidak berdaya serta harus “berangkat” terlebih dahulu.
Karena itu andalkan dan libatkan Tuhan dalam setiap hal yang kita lakukan. Tangan-Nya yang perkasa akan memberikan kemenangan dalam hidup kita.
Sadarkah kita bahwa jika sampai saat ini kita masih hidup berjalan bersama Tuhan maka ada kalimat penting yang harus kita pahami bahwa kekuatan kita bukan dari diri kita tetapi dari Tuhan. Kita dimampukan di dalam anugrah-Nya untuk bertahan menghadapi badai kehidupan.
Sebab Allah telah mengikatkan dirinya melalui Kristus yang mati di kayu salib dan bangkit buat kita maka Dia menyertai kita dan memampukan kita untuk menjalani kehidupan ini. Kiranya kita dikuatkan dengan kebenaran ini dan selalu semangat menjalani kehidupan kita. [DH]
Question:
1. Mengapa Daud selalu menang dalam peperangan?
2. Dalam peristiwa apakah Daud pernah mengalami kekalahan? Mengapa?
Values:
Orang yang hebat itu adalah yang tidak mengklaim bahwa kekuatannyalah yang melakukannya.
Kingdom Quote:
Peperangan tanpa Tuhan adalah kekalahan mutlak.
See also  Lima Pilar Teologi Pentakosta

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*