Mature

“Sampai kita semua telah mencapai kesatuan iman dan pengetahuan yang benar tentang Anak Allah, kedewasaan penuh, dan tingkat pertumbuhan yang sesuai dengan kepenuhan Kristus” Efesus 4:13.
Setiap orang rindu hidupnya mengalami pertumbuhan. Namun pertumbuhan antara satu orang dengan lainnya tidak sama. Pertumbuhan yang kita alami membawa kita kepada kedewasaan.
Tema renungan bulan Agustus 2021 adalah mature. Kata mature yang merupakan kata sifat dalam Merriam Webster Dictionary memiliki arti: 1) based on slow careful consideration (berdasarkan pertimbangan yang lambat dan penuh kehati-hatian); 2) having completed natural growth and development (telah menyelesaikan pertumbuhan dan perkembangan yang alamiah).
Dalam arti sederhana kata mature memiliki arti bertumbuh dan berkembang menuju kesempurnaan dengan karakter, pola pikir dan sikap yang matang. Apakah kita mau memiliki kedewasaan di dalam Kristus? Bagaimana cara memiliki kedewasaan di dalam Kristus?
Ada beberapa hal yang perlu kita miliki untuk dewasa di dalam Kristus. Yang pertama, memiliki karakter Kristus. Kita tentu rindu memiliki kehidupan seperti Yesus Kristus. Bahkan kita memiliki goal/tujuan hidup seperti Yesus Kristus. Saya tidak meremehkan keinginan Anda menjadi seperti Yesus Kristus, namun bagi saya kita seharusnya menjadi diri kita sendiri sesuai dengan rancangan dan kehendak Yesus Kristus.
Apakah kita mampu hidup seperti Yesus Kristus? Tentu tidak mampu. Sesungguhnya Tuhan mau kita menjadi diri kita sesuai rancanganNya dan kehendakNya. Salah satunya adalah memiliki karakter Kristus. Jika kita mau memiliki karakter Kristus, kita dapat belajar memiliki buah Roh (Gal 5:22-23). Apakah kita sudah memiliki semua isi buah Roh? Secara jujur saya berkata bahwa hidup dalam buah Roh adalah proses seumur hidup. Mari berhenti menghakimi karakter orang lain. Bagian kita adalah mengembangkan karakter Kristus di dalam kehidupan kita.
Yang kedua, memiliki pola pikir Kristus. Karakter yang kita miliki akan memengaruhi pola pikir kita. Jadi kita harus menjaga pertumbuhan dan perkembangan karakter kita demi terbentuknya pola pikir yang matang. Seseorang yang memiliki pola pikir Kristus tidak mencari kesalahan dan kelemahan orang lain, melainkan belajar membenahi dirinya yang masih banyak kekurangan agar dapat bertumbuh dan berkembang menjadi dewasa. Oleh sebab itu kita harus membaca, memikirkan dan melakukan apa yang ada di Flp 4:8-9.
Yang ketiga, memiliki sikap Kristus. Sikap kita sangat ditentukan oleh karakter dan pola pikir kita. Kedewasaan kita sangat ditentukan oleh sikap kita. Attitude/Sikap kita akan sangat menentukan jalan hidup kita. Mari kita fokus membangun sikap kita daripada mengurusi sikap orang lain. Mari kita belajar dari kegagalan banyak orang yang bersi kap salah dan negatif dalam hidupnya sehingga mereka seringkali gagal dalam menjalani panggilan hidup mereka.
Mari kita miliki sikap yang benar dan positif, yaitu sikap Kristus sehingga apa saja yang dipercayakan Tuhan kepada kita akan kita kerjakan dan kembangkan sampai tuntas. Orang yang dewasa di dalam Kristus memiliki fokus mengembangkan karakter, pola pikir dan sikap Kristus. Maukah Anda menjadi dewasa di dalam Kristus? [DW]
Question:
1. Bagaimana cara kita menjadi dewasa di dalam Kristus?
2. Mengapa kita harus memiliki karakter, pola pikir dan sikap Kristus?
Values:
Seorang warga Kerajaan Allah adalah pribadi yang mau menjadi dewasa di dalam Kristus.
Kingdom Quote:
Dewasa di dalam Kristus adalah memiliki karakter, pola pikir dan sikap Kristus.
See also  Yesus, Teladan Integritas dalam Perbuatan

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*